Myers’ musings: the global ESG conundrum

ESG

Dalam kolom CasinoBeats bulanan reguler yang baru, Steve Myers akan memanfaatkan lebih dari 20 tahun pengalaman di industri perjudian untuk menyampaikan pemikiran dan wawasan tentang berbagai masalah.

Ketika saya menghadiri KTT Amerika Utara SBC baru-baru ini, ada banyak diskusi tentang aktivitas di pasar M&A. Ketika pasar AS matang dan berkembang, tidak diragukan lagi akan ada lebih banyak konsolidasi, tawaran pengambilalihan oportunistik, dan korban di ekosistem yang lebih luas karena tekanan persaingan meningkat.

Terlepas dari kegiatan ini, perusahaan game menghadapi tantangan lebih lanjut dalam bentuk persyaratan LST karena calon investor bersiap untuk menempatkan uang mereka di mana pun mereka berada. Meskipun tidak beracun seperti tembakau, wakil, minyak atau perusahaan saat ini yang berbasis di Rusia, perjudian masih dianggap sebagai dosa oleh banyak orang dan membawa lapisan uji tuntas ekstra untuk setiap akuisisi atau merger potensial.

Namun, karena metodologi LST tertanam baik dalam jaringan investor maupun agenda keberlanjutan, perubahan sedang terjadi. Selain itu, industri perjudian sangat tidak siap untuk bereaksi terhadap persyaratan dan menghadapi kenyataan menjadi investasi yang lebih khusus. Tidak mengherankan, ini tidak ditampilkan dalam percakapan saya di New Jersey.

AS baru-baru ini melihat liputan pers yang signifikan mengenai pencucian hijau dan pelaporan yang salah dari angka-angka LST, tetapi kita tidak boleh terpengaruh oleh sikap ini. ESG ada di sini untuk tinggal dan akan mempengaruhi sektor kita sebanyak atau lebih dari yang lain.

“Keberlanjutan berarti merencanakan arah bisnis yang tidak kontroversial”

Beberapa orang melihat persyaratan lingkungan, sosial, dan tata kelola sebagai latihan terus-menerus—dan sebagai industri, kita tentu tahu cara mencentang kotak. Ini mungkin sebagian benar untuk pelaporan lingkungan, tetapi ‘S’ dan ‘G’ yang akan menggigit.

Praktik saat ini untuk duduk semua masalah LST dengan kepatuhan, CFO, SDM, atau urusan publik pasti akan menjadi bumerang. Kepemilikan diperlukan oleh ‘C’ suite, dan khususnya, direktur independen, atau non-eksekutif. Saat kita mengarah ke siklus investasi yang lebih bermusuhan dan kuat, lebih banyak investor aktivis, dan pola pikir yang sadar hukum, perusahaan perlu menyadari tindakan historis mereka serta operasi mereka saat ini.

Keberlanjutan berarti merencanakan arah bisnis yang tidak kontroversial, tetapi juga dapat berarti memposisikan perusahaan untuk melindungi dari tindakan masa lalu untuk menciptakan lingkungan di mana nilai sebenarnya dapat diwujudkan dalam siklus investasi.

Kelipatan penilaian kemungkinan akan dipengaruhi oleh kerangka di lemari seperti aktivitas pasar gelap atau abu-abu, pendekatan yang diambil terhadap mata uang kripto, masalah perjudian, dan perilaku personel saat ini atau sebelumnya. Menarik juga untuk melihat berapa banyak kontrak kerja di masa depan yang ditinjau dalam hal kelalaian berat atau klausul aib di bawah payung LST.

Tentu saja, operator tingkat satu akan memiliki lebih sedikit masalah. Seperti yang kita lihat dengan industri perbankan dan pembayaran, skala memungkinkan lembaga yang tidak dapat ditembus ini untuk menemukan ‘penyelesaian’ demi kebaikan klien. Tetapi bahkan tingkat satu harus berhati-hati, dan dalam periode akuisisi ini, ada lebih banyak alasan untuk fokus pada proses uji tuntas.

“Dari perspektif investasi, tindakan hukum yang sedang berlangsung atau bisnis yang belum terselesaikan tidak membantu”

Seperti yang baru-baru ini kita lihat, regulator menjadi lebih kuat dalam meminta pertanggungjawaban perusahaan berlisensi atas tindakan rantai pasokan mereka. Di masa depan, kegagalan untuk menutup masalah warisan dari perusahaan yang diakuisisi akan membuat induk perusahaan menghadapi tantangan potensial.

Kami telah melihat ini sampai batas tertentu di AS, dan ketika persaingan memanas di pasar yang menguntungkan ini, tidak dapat dihindari kami akan melihat lebih banyak lagi. Dari perspektif investasi, tindakan hukum yang sedang berlangsung atau bisnis yang belum terselesaikan tidak membantu. Untuk perusahaan yang ingin menjual dan merealisasikan nilai, hal yang sama berlaku.

ESG adalah keahlian yang unik, dan maksud saya adalah bahwa itu tidak dapat dikembangkan ke bagian paling nyaman dari bisnis Anda sebagai renungan. Kami melihat banyak perusahaan sekarang mempekerjakan pejabat keberlanjutan tingkat senior, ini semua baik dan bagus, tetapi rasanya ini hanya riasan daripada komitmen nyata.

Tapi tentu saja ada pengecualian untuk ini. Dalam industri perjudian, perusahaan seperti Kindred dan Entain telah berusaha untuk memiliki setidaknya sebagian dari ruang ini, dengan pendekatan yang terstruktur dan dipertimbangkan. Sebagian besar belum mengikuti.

Kita juga harus memikirkan para direktur independen atau non-exec tua yang malang. Mereka harus cepat-cepat. Sebagian besar tanggung jawab seputar LST membutuhkan pemikiran independen dari manajemen eksekutif sehari-hari. Peran ini perlu mengambil dimensi baru dan melihat hal-hal seperti komite kepatuhan atau remunerasi melalui lensa yang berbeda.

“…perjudian sangat rentan terhadap berita utama negatif dan persepsi publik yang buruk”

Tingkat pengawasan untuk akuisisi baru harus ditingkatkan untuk mencegah kelalaian dan ini pada akhirnya berlaku untuk rantai pasokan juga. Saatnya untuk memastikan asuransi D&O sudah sesuai tanggal dan sesuai dengan tujuan.

Lebih dari kebanyakan industri, perjudian sangat rentan terhadap berita utama negatif dan persepsi publik yang buruk. Meskipun beberapa telah mencoba, kemampuan untuk menggerakkan tombol ini hampir tidak mungkin. Industri ini menolak kolaborasi di hampir setiap keadaan dan suka melakukan hal sendiri.

Saya ragu ini akan bertentangan dengan implikasi LST yang akan datang dan saya sepenuhnya berharap untuk memperbarui bagian ini dalam waktu lima tahun. Namun, jika Anda ingin menciptakan nilai pemegang saham, atau memaksimalkan nilai perusahaan Anda, ESG ada di sini untuk tetap ada, dan Anda akan sangat disarankan untuk memperlakukannya dengan hormat dari atas hingga bawah perusahaan.

Steve Myers dari Praxis Consulting and Advisory membanggakan lebih dari 20 tahun di industri perjudian, dengan 13 tahun sebagai Managing Director, Development untuk wilayah Genting EMEA. Dia adalah Penasihat Senior perjudian untuk DRD Partnership, dan Co-founder Gaming Knowledge Centers, sebuah inisiatif untuk menyatukan penelitian industri, peraturan, dan akademis tentang perjudian untuk menciptakan praktik terbaik secara global.

Steve bekerja di lingkungan game dan berbasis lahan untuk klien sektor publik dan swasta. Semakin, fokusnya adalah pada LST dan reputasi industri. Steve adalah lulusan Program Pengembangan Eksekutif UNR di mana ia juga mengajar, dan memiliki gelar Magister Manajemen Program Utama dari Universitas Oxford serta Magister Hukum.

Author: John Wright